« Home | Boneka Jepang Kokeshi こけし » | Light a million candles » | Satwanese » | Yippieyaiyeaa!! » | Lebaran! Lebaran!! » | Parcel & Italy » | The Impossible wrist watch » | gastroenteric disorder » | KTS » | Two of the sickest cars!! ^__^ »

Kyushu University Ito Campus: Urban City Planning

Pernah dengar Kyushu University?



Ehm... Kyudai itu seperti UI, Unpad, UGM yang punya banyak gedung fasilitas pendidikan tersebar di berbagai pelosok di satu kota. Nah, karena dilihat kampus dalam kota itu kondisinya sudah tidak kondusif, Kyudai memutuskan untuk membangun kampus di sebuah daerah urban yang masih banyak memiliki ruang kosong dan baik untuk sebuah pengembangan kota baru.




Pembangunan kampus baru ini sebuah proyek besar yang tidak main-main dan direncakan akan selesai dalam jangka waktu 15 tahun. Ito Campus, nama kampus baru ini, sebuah kampus dengan konsep "Kota dalam kampus". Kyudai (Universitas Kyushu) sejak lama memang dikenal mempunyai hubungan baik dengan pihak industri dan pemerintah. Untuk proyek besar satu ini juga didukung penuh oleh departemen pendidikan Jepang, pemerintah kota Fukuoka, dan industri real estate.






Kurang jelas sudah berapa persen yang selesai, tapi direncanakan seluruh staff, pengajar, dan mahasiswa akan yang berjumlah total kurang lebih 20 ribu orang akan selesai pindah ke kampus baru pada tahun 2019, dan untuk tahun ini saja fakultas teknik sudah dipindahkan ke kampus baru dengan jumlah sekitar 4300 orang. Selain asrama dalam kampus 10 lantai, total 280 kamar, di sekitar kampus telah dibangun apartemen dan mansion baru untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal untuk mahasiswanya.






Selain itu juga untuk kemudahan transportasi, dibangunlah sebuah stasiun baru 九大学研都市 Kyushu University Research Town. 2 perusahaan bis swasta juga menyediakan sarana transportasi bis ekspres yang menghubungkan kampus dengan pusat-pusat kota di Fukuoka seperti Tenjin, Meihama, dsb.






Di kampus baru ini, Kyudai bekerja sama dengan pihak industri berencana akan melakukan berbagai jenis penelitian multiguna, dan salah satunya adalah penggunaan hidrogen dalam berbagai aspek kehidupan.





Dikarenakan proyek ini dilaksanakan di salah satu lokasi hutan yang menjadi tempat penampungan air alami, proyek ini sempat dikhawatirkan akan mengganggu stabilitas persediaan air. Untuk menanggulanginya, Kyudai menerapkan sebuah proses proteksi air bersih dan merupakan tindakan kesadaran alam pertama yang pernah ada di Jepang.


Kyudai memiliki sekitar 1100 mahasiswa asing dan sebagian besar berasal dari Asia. Dengan selesainya kampus abad 21 ini Kyudai berharap akan dapat menjadi kampus no. 1 di Asia.


========================================





Nah yang atas tadi sih cuma terjemahan gak karuan dari situs Kyushu-u.ac.jp
Kalo aku melihat situs dan perkembangan pembangunan Ito Campus ini, pembangunannya termasuk cepat. Coba deh liat Jatinangor. Sudah dari jaman kapan dibangun, masih segitu-gitu aja. Kurang modal? Yah kalo kurang ada hubungan baik dengan pihak industri sih memang agak sulit. Si Kyudai ini memang smart. Karena hasil penelitiannya sudah lama dipakai oleh pihak Industri dan punya hubungan baik dengan pihak Dep. Pendidikan Jepang karena kualitas lulusannya memang dapat diacungi jempol (bukan jempol kaki) rencana yang bisa dibilang gila-gilaan ini berjalan dengan baik. walau sepertinya baru sekitar 40% yang selesai, kalo seluruh staff, pengajar dan murid pindah ke sana, ekonomi daerah di dekat kampus juga akan bangkit.
Pengembangan daerah urban juga akan lebih pesat. Coba deh lihat Depok dengan UInya. Bandingkan dengan Depok 15 tahun lalu sebelum ada UI.

Melihat rencana urban city planning pemerintah daerah Fukuoka pembangunan ekonomi rakyat di sekitar kampus ini masih akan terus berkembang. Ito Campus ini dekat sekali dengan pinggiran pantai yang berarti di masa yang akan datang bisa dibayangkan akan menjadi sebuah kota pelabuhan pusat pendidikan! Terlebih lagi jaraknya yang amat dekat dengan Korea, Taiwan, dan Hongkong. Menjadi daya tarik lain buat Kyudai.


Untuk promosi kampus baru ini sendiri, Kyudai sudah lakukan di Tokyo, pada tahun 2005 lalu dan juga membuat pusat informasi di luar negeri di Bangkok dan China (lupa di kota mana)

Sekarang mungkin Todai jadi nomor satu di Asia, tapi bukan tidak mungkin Kyudai akan mengambil alih kursi singgasana.


Kayaknya bagus ini buat bahan perbandingan dan pelajaran bagi universitas di Indonesia yang berniat membuat kampus baru.






http://www.kyushu-u.ac.jp/english/newcampus/ito.html

About me


    I'm a bitch, I'm a lover.
    I'm a child, I'm a mother.
    I'm a sinner, I'm a saint.
    I do not feel ashamed.
    I'm your hell, I'm your dream.
    I'm nothing in between.
    Yeah... That's pretty much me!

Photo Albums

Shout Here!!

    Name :
    Web URL :
    Message :

Calendar

You‘re visitor no…